Jumat, 14 November 2008

VEGETARIAN VS KESEHATAN

  1. Tidak akan kekurangan nutrisi Nutrisi yang diperlukan manusia bisa didapatkan dari makanan nabati
  2. Makanan hewani mengandung banyak lemak jenuh & kolestrol sebagai penyebab utama penyakit kanker, jantung, tekanan darah tinggi penyakit bahaya lainnya.
  3. Daging tidak cukup mengandung karbohidrat yang sangat penting untuk kesehatan.
  4. Selain B-kompleks, umumnya daging mengandung sedikit sekali vitamin.
  5. Zat kimia pertanian Pada tingkat yang makin tinggi dalam piramida makanan, makanan hewani mempunyai lemak & kandungan zat kimia pertanian yang lebihtinggi daripada makanan nabati. Zat-zat kimia tersebut seperti pestisida, herbisida dan lain-lain.
  6. Obat-obatan untuk hewan ternak Ada lebih dari 20.000 macam obat-obatan, seperti antibiotik, penambah hormon dan lain-lainnya yang diberikan kepada hewan ternakBahaya mengkonsumsi antibiotik secara tidak langsung sudah banyak ditemui dan terbukti secara medis.
  7. Terdapat sekumpulan bakteri & virus, beberapa diantaranya sangat berbahaya yang terdapat pada hewan.
  8. Cacing & parasit lainnya, juga terdapat pada hewan.
  9. Daya tahan makanan Makanan nabati bisa bertahan lebih lama daripada makanan hewani. Anda bisa melakukan percobaan, biarkan seikat sayur bayam & sepotong hamburger selama sehari penuh. Mana yang akan menyebabkan anda sakit kalau anda memakannya ?
  10. Indikasi penyakit Makanan dari tumbuhan lebih cepat memberikan tanda bila terjadi kerusakan daripada makanan hewani. Lagipula walaupun dalam keadaan kurang bagus, makanan tumbuhan tidak terlalu membahayakan (tingkat kandungan racun saat rusak sangat rendah).
  11. Dalam suatu sistem pencegahan kanker secara alamiah didapati unsur-unsur vitamin C, B-17, Beta Karotin. Unsur-unsur ini tidak pernah ditemukan dalam makanan hewani. Pada daging kebanyakan, setelah dimasak akan menghasilkan serangkaian senyawa yang bisa memicu penyakit kanker. Kanker lebih mudah dicegah daripada diobati. Kacang kedelai salah satunya mengandung pembiak protease, sejenis rangkaian anti kanker yang sangat baik. Kita tidak akan mendapatkan zat-zat ini pada makanan hewani.
  12. Jangka waktu di dalam tubuh Makanan nabati biasanya melalui tubuh dengan cepat, sehingga mempunyai waktu yang sedikit sekali untuk menyebabkan penyakit di dalam tubuh lebih lama.
  13. Serat menyerap semua zat tidak diinginkan (berbahaya) termasuk kelebihan lemak, membersihkan usus, serta membantu penyerapan usus. Makanan nabati banyak mengandung serat.

Tidak ada komentar: